REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Pengetahuan, Sikap, Perilaku Dan Lingkungan Rumah Penderita TB Di Wilayah Kerja Puskesmas Sentani Kabupaten Jayapura

Kridaningsih, Tri Nury and Tanna, Anita and Fauziah, Windarti (2011) Pengetahuan, Sikap, Perilaku Dan Lingkungan Rumah Penderita TB Di Wilayah Kerja Puskesmas Sentani Kabupaten Jayapura. Project Report. Balai Penelitian dan Pengembangan Biomedis Papua.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tuberkulosis merupakan penyakit yang masih menjadi masalah di dunia maupun Indonesia. Indonesia adalah negara yang memiliki penderita TB terbanyak ketiga di dunia setelah India dan China. Kinerja Program DOTS (Directly Observed Treatment Shortcourse) sebagai salah satu kebijakan nasional untuk penanggulangan TB dirasakan belum optimal dilaksanakan di Papua karena angka kesembuhan yang masih rendah. Angka kesembuhan di Papua tahun 2005 sebesar 76%, 72% di tahun 2006, 55% di tahun 2007 bahkan menurun hingga 47,9% di tahun 2009. Angka kesembuhan ini belum mencapai standar nasional untuk target angka kesembuhan minimal yaitu 85%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana gambaran pengetahuan, sikap, perilaku dan kondisi lingkungan rumah, serta karakteristik penderita TB dikaitkan dengan kesembuhan penderita TB di wilayah kerja Puskesmas Sentani Kabupaten Jayapura. Penelitian dilakukan di wilayah kerja Puskesmas Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura. Penelitian menggunakan desain cross sectional dengan populasi adalah semua penderita TB yang tercatat di Puskesmas Sentani. Sedangkan sampel yang diambil sebanyak 189 sampel yang terdiri dari sampel penderita TB BTA positif yang telah dinyatakan sembuh dan sampel penderita TB yang belum sembuh pada periode tahun 2010 dan 2011. Data yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis menggunakan uji chi square dengan derajat kemaknaan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang berhubungan dengan kesembuhan adalah pendidikan (p value = 0,024), ventilasi/jendela (p value = 0,000), pencahayaan (p value = 0,000), dinding rumah (p value = 0,000), lantai rumah (p value = 0,000) dan suhu (p value = 0,000), pengetahuan dan sikap responden tentang TB (p value = 0,000), kebiasaan membuka jendela setiap hari, menjemur kasur/bantal, kebiasaan membuang ludah dan keteraturan berobat (p value = 0,000), kebiasaan merokok (p value = 0,023), kebiasaan minum minuman beralkohol (p value = 0,022) dan kebiasaan merahasiakan status penyakit (0,004). Mayoritas penderita TB baik yang telah dinyatakan sembuh maupun belum sembuh memiliki pengetahuan sedang tentang TB yaitu sebesar 47,09%. Responden memiliki sikap dan perilku yang baik tentang pencegahan dan penularan TB.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Penderita TB; Tuberkulosis; Puskesmas
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WF Respiratory System > WF 140-900 Diseases of the Respiratory System
Divisions: Balai Penelitian dan Pengembangan Biomedis Papua
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:29
Last Modified: 06 Nov 2017 07:28
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/878

Actions (login required)

View Item View Item