REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Studi Interaksi Sosial Dan Peran Terhadap Penderita Gangguan Jiwa Di Desa Paringan, Ponorogo

Kurniawan, Aan and Fitrianti, Yunita and Andarwati, Pramita and Hartatinings, Sri (2011) Studi Interaksi Sosial Dan Peran Terhadap Penderita Gangguan Jiwa Di Desa Paringan, Ponorogo. Project Report. Pusat Humaniora Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemberitaan "kampung gila" dengan 60 penderita gangguan jiwa dalam satu desa menyita perhatian masyarakat, terutama Kementerian Kesehatan selaku otoritas kesehatan yang bertaanggung jawab atas kesehatan jiwa masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun usulan intervensi yang sesuai dengan keadaan sosio-kultural Desa Paringan dalam usaha mengentas kasus gangguan jiwa yang terjadi di dalamnya. Fokus penelitian adalah interaksi sosial dan peran timbal-balik yang terjadi antara penderita gangguan jiwa dengan masyarakat setempat dalam kehidupan sehari-hari di Desa Paringan; pengetahuan lokal dan persepsi masyarakat Desa Paringan mengenai gangguan jiwa. Metode yang digunakan adalah kualitatif-etnografis. Peneliti tinggal di Desa Paringan, lokasi penelitian, selama 3 minggu untuk mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dan observasi partisipatif. Data yang diperoleh kemudian disajikan secara deskriptif-analitik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa interaksi sosial yang terjadi di desa paringan antara penderita gangguan jiwa dan masyarakat didasari oleh pengetahuan masing-masing tentang gangguan jiwa. Bentuk interaksi berupa hubungan kerja, kegiatan sosial seperti pengajian, pesta perkawinan. Perbedaan persepsi masyarakat dengan medis menentukan penanganan yang diberikan, diantaranya pengobatan medis dan non-medis serta perlakuan khusus seperti pembatasan interaksi penderita gangguan jiwa dengan lingkungannya. Peran keluarga sebagai penentu cara penanganan yang diberikan ditunjang oleh masayarakat sebagai pemberi saran dan motivasi. Tenaga medis memberikan penanganan medis setelah medapat persetujuan keluarga. Penghambat penanganan gangguan jiwa di Desa Paringan adalah kurangnya pemahaman yang tepat mengenai gangguan jiwa, juga faktor geografis desa dan ekonomi penduduknya. Masih diperlukan riset intervensi lanjutan untuk penyelesaian masalah ini secara paripurna.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Studi Interaksi Sosial; Gangguan Jiwa
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WM Psychiatry > WM 140-167 Mental Disorders. Diagnosis. Behavioral Symptoms
Divisions: Pusat Humaniora Kebijakan Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:29
Last Modified: 06 Nov 2017 06:45
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/801

Actions (login required)

View Item View Item