REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Perbandingan Vas Skor Injeksi Air Steril Intrakutan antara Teknik Satu Titik Versus Empat Titik untuk Mengurangi Nyeri Persalinan

Rosady, Faisal (2014) Perbandingan Vas Skor Injeksi Air Steril Intrakutan antara Teknik Satu Titik Versus Empat Titik untuk Mengurangi Nyeri Persalinan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hampir sepertiga dari para wanita yang menjalani persalinan menderita nyeri persalinan terutama di daerah pinggang belakang yang sifatnya kontinyu. Bukti-bukti dari systematie review menunjukkan bahwa pemberian 0,5 ml air steril secara intrakutan dengan teknik injeksi satu titik ataupun empat titik di daerah Michaelis Rhomboid menunjukkan pengurangan nyeri persalinan yang signifikan baik secara statistik maupun secara klinis. Namun teknik manakah yang paling efektif sampai saat ini belum dapat ditentukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan teknik manakah yang lebih efektif antara injeksi satu titik versus empat titik dalam mengurangi nyeri persalinan diukur menggunakan Visual Analog Scale (VAS). Penelitian ini dilaksanakan bekerjasama dengan departemen Obstetri dan Ginekologi FK RSHS di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung. Telah diteliti 50 orang wanita primipara yang menjalani persalinan spontan normal dan sangat membutuhkan analgesi karena nyeri persalinannya. Disain penelitian ini menggunakan metode klinis acak terkontrol buta tunggal. Pasien yang terpilih secara acak kemudian dibagi dua perlakuan yang mendapatkan teknik injeksi satu titik dan injeksi empat titik air steril intrakutan. Hasil yang dinilai adalah perubahan dari nyeri yang diukur menggunakan VAS pada saat awal masuk dan beberapa menit kemudian setelah diberi perlakuan. Penurunan rasa nyeri persalinan menggunakan skor VAS pada teknik injeksi satu titik dapat menurunkan skor VAS paling banyak rata-rata dari 85,40 (";',3) menjadi 47,60 (7,2) dibandingkan dengan menggunakan teknik injeksi empat titik yaitu rata-rata 84,60 (4,3) menjadi 48,4 (8,5) pada menit ke 10. Simpulan dari penelitian ini adalah tidak ada perbedaan yang bermakna dalam penurunan skor VAS antara teknik injeksi air steril intrakutan secara empat titik dibandingkan dengan teknik injeksi satu titik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: INFECTION; Intrakutan
Subjects: W Medicine and related subjects (NLM Classification) > WQ Obstetrics > WQ 300-330 Labor
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:26
Last Modified: 17 Nov 2017 07:34
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/372

Actions (login required)

View Item View Item