REPOSITORI BADAN LITBANG KESEHATAN RI

Kombinasi Ekstrak Rimpang Kencur dan Ekstrak Etanol Temu Kunci dalam Sediaan Krim terhadap Aktivitas Antioksidan dan Tabir Surya

Rahayu, Wiranti Sri (2014) Kombinasi Ekstrak Rimpang Kencur dan Ekstrak Etanol Temu Kunci dalam Sediaan Krim terhadap Aktivitas Antioksidan dan Tabir Surya.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rimpang kencur mengandung etil-p-metoksinamat (EPMS) yang potensial untuk tabir surya. Rimpang temu kunci diketahui mempunyai aktivitas antioksidan yaitu hasil ekstrak penelitian kombinasi ekstrak rimpang kencur dan temu kunci dalam sediaan krim dan pengaruhnya terhadap aktivitas antioksidan dan tabir surya. Penelitian dilakukan dengan terlebih dahulu menyiapkan ekstrak kencur (kristal EPMS) dan ekstrak temu kunci. Ekstraksi dilakukan dengan metode perkolasi dengan pelarut etanol 96% untuk rimpang kencur dan maserasi memakai etanol 96%. Esktrak diuji secara organoleptis dan uji titik lebur. Formulasi ekstrak kencur dan ekstrak temu kunci dilakukan dalam 3 formula dengan variasi komninasi ekstrak kencur dan temu kunci. Perbandingan ekstrak kencur dan temu kunci dalam formula I(100%:0%), formula II (50%:50%), formula III (0%:100%). Krim dievaluasi secara fisik meliputi pemeriksaan organoleptis, pH, viskositas selama 30 hari juga aktivitas tabir surya (dengan menghitung SPF) dan antioksidan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi ekstrak kencur dan temu kunci dapat digunakan dalam sediaan krim sebagai tabir surya sekaligus antioksidan tetapi masih memerlukan optimasi agar menghasilkan aktivitas antioksidan dan tabir surya yang optimum.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: ANTIOXIDANTS; Ekstrak Rimpang Kencur, Ekstrak Etanol Temu Kunci, Antioksidan
Subjects: QS-QZ Preclinical sciences (NLM Classification) > QV Pharmacology > QV 701-835 Pharmacy and Pharmaceutics
Divisions: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan
Depositing User: Administrator Eprints
Date Deposited: 02 Oct 2017 05:26
Last Modified: 17 Nov 2017 08:00
URI: http://repository.bkpk.kemkes.go.id/id/eprint/362

Actions (login required)

View Item View Item